ASESMEN MENGOPERASIKAN APLIKASI PIRANTI LUNAK


 

I.                     Pengertian dan fungsi software presentasi

Software presentasi adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk membuat file presentasi. Berfungsi sebagai media yang berisi informasi berupa teks, tabel, gambar, diagram, yang diperlihatkan dan dipresentasikan kepada banyak orang.

II.                  Langkah-langkah membuat header dan footer dalam microsoft power point

a.    Pada ribbon, klik tab insert

b.    Klik tombol header & footer

c.    Klik tab slide atau notes and handouts

d.   Pilih check box date and time

e.    Pilih check box slide number

f.     Pilih check box footer

g.    Klik apply to all untuk ke semua slide

III.               Mengatur batas halaman (margin) dalam microsoft word

a.    Klik menu page layout

b.    Klik icon margin-costom margins

c.    Atur margin (Top-button-left-rigth)

IV.               Menyisipkan suatu objek dalam dokumen

a.    Klik tab insert

b.    Tentukan object yang akan disisipkan (picture, shapes, smartart, chart, dsb)

c.    Atur format object sesuai dengan keinginan anda

V.                  Perbedaan dan kesamaan submenu save dan save as

·      Perbedaan submenu save dan save as

Submenu save digunakan untuk menyimpan dokumen dengan nama yang sama, sedangkan save as digunakan untuk menyimpan dengan nama yang berbeda dengan sebelumnya

·      Kesamaan submenu save dan save as

Mempunyai kegunaan yang sama untuk menyimpan sebuah file/dokumen

VI.          Langkah-langkah mencetak dokumen pada microsoft excel

a.       Pilih lembar kerja yang akan dicetak (file ms.excel)

b.      Klik file-cetak, atau tekan ctrl+p

c.       Klik tombol cetak atau sesuaikan pengaturan terlebih dahulu

d.      Klik ok, untuk mencetak dokumen

VII.        Fungsi submenu page setup

a.       Mengatur margin (pengaturan batas)

b.      Mengatur paper (pengaturan halaman)

c.       Mengatur layout (pengaturan tata cetak)

VIII.     Menghapus baris dalam microsoft excel

a.       Blok / highlight seluruh area lembar kerja excel yang ingin dihapus

b.      Pada tab home, bagian editing, klik find & select dan pilih go to special

c.       -klik kanan salah satu sel dan pilih delete

-pilih entire row dan klik ok


IX.          Menghiperlink antar slide

a.       Klik kanan bagian yang akan diberi link

b.      Klik hyperlink

c.       Pilih dengan slide ke berapa link akan terhubung

d.      Klik OK

 

X.            Fungsi menubar pada microsoft word

a.    Menu file, berfungsi untuk pengaturan file/dokument

b.    Menu edit, berfungsi untuk melakukan editing pada file atau dokument

c.    Menu format, berfungsi untuk melakukan penformatan objek-objek

d.   Menu view, berfungsi untuk pengaturan tampilan lembar kerja

e.    Menu insert, berfungsi untuk menambahkan sesuatu ke dalam dokumen

f.     Menu help, berfungsi untuk memberi bantuan kepada kita yang belum diketahui

g.    Menu tools, berfungsi memeriksa ejaan/bahasa/kata

h.    Menu table, berfungsi untuk membuat table/menyisipkan table

i.      Menu windows, berfungsi untuk membuka jendela baru, menyusun dan melihat dokumen yang aktif

 

 

Komentar

Postingan Populer